Juke Video Contest

Share yuk!

Jadi ceritanya, bulan Maret kemarin Chika, Fany dan Tika mau ikutan Juke Video Contest yang diselenggaraken oleh Nissan Indonesia. Tapi mereka sepertinya kebingungan nyari orang yang bisa jadi videographer. Itu saya baca dari timeline Twitternya Chika. Iseng aja saya nyamber twit Chika buat bantuin mereka bikin videonya, dari nge-shoot sampai ngedit videonya, dan ternyata Chika setuju.

Maka dibuatlah video ini, tanpa proses preproduction yang sewajarnya. Hanya bermodalkan email naskah yang dibuat oleh Tika dan saya terima di malam sebelum syuting. Ndak ada namanya production meeting blablabla karena deadline sudah sangatlah mepet dan mobil Nissan Juke yang dipakai buat syuting juga harus dikembalikan besoknya. Semua koordinasi siapa harus nyiapin apa dan syuting harus ngapain juga hanya melalui email.

Syuting pun dimulai dari adegan exterior di rumah Tika. Yak, dan ibu-ibu hamil satu ini pun harus berakting nyebelin. Musti hati-hati nih nge-direct ibu-ibu hamil, ndak boleh bikin dia terlalu capek. Pas adegan muter-muterin mobil pun ndak berani minta retake berkali-kali walaupun saya belum merasa puas, takut dikeplak Rangga. :))

Baru beberapa shot diambil, yang ditakutkan pun terjadi. Hujan sodara sodara! Akhirnya kita memutuskan mengambil adegan interior, yaitu adegan Fany sedang bekerja di Master Control Room. Adegan ini adalah adegan yang paling tricky, karena untuk membuat kesan ruangan Master Control yang gelap, Rangga dan Yudis menutup bagian belakang (background) Fany dengan kasur! :)) Chika pun membantu pegang lighting. Bukan lighting standar film sih, cuma pakai iPad dengan Photo Soft Box app :D

Setelah semua adegan Fany di Master Control selesai diambil, dilanjutkan lagi adegan outdoor. Yak, dan hujan labil pun memaksa kami beberapa kali berhenti syuting dan berharap-harap cemas syuting bakalan kelar sebelum hari keburu gelap. Sekitar jam 4 sore, adegan outdoor di rumah Tika akhirnya kelar. Selanjutnya adalah adegan di dalem mobil. Nah, karena di dalam mobil gelap, Fany pun gantian pegang lighting (masih dengan cahaya dari iPad tentunya). Selain itu dia juga merangkap jadi sound recordist, merekam dialog di dalam mobil pakai iPhone.

Total waktu pengambilan gambar berlangsung ndak sampai setengah hari, karena berulangkali hujan yang memaksa banyak adegan gagal di-take. Kasihan Yudis yang berulangkali harus ngelap mobil setiap habis hujan biar tetap kelihatan kinclong di kamera. Selain kendala hujan, waktu buat pengambilan gambar juga banyak tersita untuk muter-muter nyari lokasi syuting.

Dengan modal alat seadanya dan waktu pengerjaan semepet-mepetnya, jadilah video ini. Dan selamat Chika, Fanny & Tika, ndak nyangka ternyata video kalian juara ke-2 ya!  :D

Share yuk...

10 thoughts on “Juke Video Contest”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge