Siraman Inspirasi dan Kreativitas di #AverlandCamp

Hai hai.. Goenrockers! Perkenalkan, saya Lolita. Sebelumnya, kalian bisa melihat penampakan saya nan unyu dengan menonton kesertaan saya di webseries SosiShot eps. 10 – 15 dan beberapa episode lainnya yang heits di sini.

Pengalaman selama 3 hari saya bersama Mas Goen menimbrung acara Averland Camp di Pasuruan, Jawa Timur pada pertengahan bulan Februari lalu bisa menjadi salah satu art journey yang tidak terlupakan. Kami menjumpai peserta terpilih dalam program Averland dari berbagai kota di Jawa sebanyak 70 tim Go Ahead People dalam acara puncaknya yang diadakan dengan tema berkemah yang unik.

IMG_1929
Wajah gembira saya dan Mas Goen bisa mengikuti acara AverlandCamp yang berlokasi di Taman Dayu, Pasuruan. Acara ini memberikan ruang bagi para peserta untuk berkolaborasi dan saling menginspirasi menyuarakan ide kreatif dan mimpi besar bagi perkembangan diri dan kota.

Serunya lagi, melalui workshop dan sharing sessions kami bisa tatap muka langsung dengan para pelaku industri kreatif dari berbagai sub-culture. Di workshop itu, ada Alek Kowalski (style & entrepreneurship) yang memberikan pesan bagaimana agar peserta menemukan passion mereka, ide-ide startup dan bagaimana menjalankan bisnis kecil like a pro. Ada Benny Lim (photography) yang sharing bagaimana untuk mengenal kameramu sendiri and how to hold the camera still, the 2-second rule, take a few more, tell a story and capture a mood. Ada Ruang Rupa (visual art) yang berbagi tentang sketsa dan menggambar, juga Arian Seringai (music) yang bercerita dengan favourability dan strength and uniqueness of brand association.

IMG_1931
Saya berpose di tengah salah satu tenda yang disediakan untuk para pembawa workshop berbagi pengalamannya. Saya ingin suatu saat nanti juga bisa menjadi salah satu ‘local heroes’ yang tidak hanya memberi inspirasi namun juga membawa hal baru yang bisa menghidupkan passion industri kreatif di kota masing-masing seperti mereka.

‘Realita itu ilusi.’ Wah, kata-kata kunci ini saya dapatkan dari tim Ruang Rupa, salah satu pembicara di visual art workshop yang kami ikuti. Kalimat pembuka ini disampaikan dalam menjawab pertanyaan dari salah satu peserta, “Apakah seni rupa bisa menjadi solusi? Atau hanya sebatas menjadi ruang ekspresi?” Tentu saja masih banyak catatan inspiratif lain dari tenda workshop dan sharing sessions tiga bidang lainnya yang tersebar di area kemah.

IMG_1930
Saya berada di area tenda peserta tempat mereka dengan semangat berbagi ide dan mengeksplorasi kreativitas bersama anggota team lainnya.

Tujuan saya pribadi antusias mengikuti Averland Camp ini adalah ingin menyaksikan langsung penampilan BARASUARA di ujung acara kemping. For me, one of kind of music that you would fall in love when the first song was listened. Apresiasi ini saya sampaikan langsung kepada Iga Massardi, vokalis BARASUARA pada kesempatan ngobrol singkat di belakang panggung. Betul saja, Mas Goen yang sebelumnya belum pernah mendengar ‘BARASUARA’, setelah mendapatkan rekomendasi dari saya dan Ignes kemudian membeli satu album terakhirnya dan lantas bilang, “Lagunya gak ada yang gak enak!” Told ya! ;)

Suasana bersahabat kemping, semangat menyala dari para peserta dan aksi keren dari top musicians bisa ditonton dari journal video perjalanan kreatif kami, yang dengan begitu apiknya dibuat oleh Mas Goen berikut ini.

 

Panduan isi video:
00:14 Tentang Averland
00:35 Tentang peserta Averland
00:51 Aktivitas hari pertama
01:07 Nonton Aljabar & Stars and Rabbit
02:31 Aktivitas hari ke-2
02:51 Creative Workshop
03:20 Interview Benny Lim (fotografer professional)
03:41 Fun activities
04:21 Interview Go Ahead People
05:25 Adu kreativitas pertunjukan antar 7 kota
06:05 Nonton Barasuara & Naif

Bagi saya, memanfaatkan waktu di akhir pekan dengan alam memang agenda yang paling menyenangkan, apalagi sambil bertukar ide segar dan menjalin kekompakan bersama teman-teman. Ceritakan juga yuk, kapan Goenrockers terakhir kali bikin acara kemping seru bareng kawan-kawan?

Comments

comments

15 thoughts on “Siraman Inspirasi dan Kreativitas di #AverlandCamp”

  1. Videonya keren, ngerangkum acara 3 hari jadi satu video singkat utuh.
    Itu satu kamera aja ganti-ganti lensa atau kameranya emang banyak juga?
    Paling suka footage shoot malem ada bokehnya.
    Aaaaak… Kapan gua bisa punya kamera mutakhir dengan lensa seperti itu..??!!

    Yang kurang sedikit, gue si liat nya “host” nya kaya kurang semangat gitu waktu bawain acaranya, atau kurang gokil gitu deh. hehe…

    1. Pakai 1 kamera aja kok dan 2 lensa. Lensa 1 24-70 f/2.8 sama lensa 85mm f/1.4 Yang 85mm jarang dipakai, cuma saat interview2 aja yg malam hari. Triknya gercep aja sih hehehe. Terimakasih masukannya.

      1. Wah di komen host nya
        Btw mirip sama poppy sovia. *ini pasti orang ke 617383836 yang bilang gitu kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge